http://99informasi.blogspot.com/p/blog-page.html
Dunia Pendidikan
Pengertian Pendidikan Menurut Soekidjo Notoatmodjo (2003 : 16) ,menjelaskan bahwa : "Pendidikan secara umum adalah  segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.
Pengertian Pendidikan menurut Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2002 :263). menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik. 

Pengertian Pendidikan dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1. menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah  usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan  proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

Pengertian Pendidikan menurut  John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M). menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan. 

http://99informasi.blogspot.com/p/blog-page.html
Dilema Pendidikan
Pengertian Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia). menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Dan Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Pengertian Pendidikan menurut John Dewey, Pendidikan adalah  suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

Pengertian Pendidikan menurut  Edgar Dalle,  menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Pengertian Pendidikan menurut  M.J. Longeveled. menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah  usaha , pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. 

Pengertian Pendidikan menurut Ibnu Muqaffa (salah seorang tokoh bangsa Arab yang hidup tahun 106 H- 143 H, pengarang Kitab Kalilah dan Daminah) , menjelaskan bahwa : “Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.” 

Pengertian Pendidikan menurut Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) menjelaskan bahwa : "Pendidikan adalah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.

http://99informasi.blogspot.com/p/blog-page.html
Ujian Nasional

Pengertian Pendidikan menurut  Prof. Richey dalam bukunya ‘Planning for teaching, an Introduction to Education’ menjelaskan bahwa : "Pendidikan adalah yang berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat. 

Dari beberapa pengertian para tokoh di atas maka dapat disimpulkan, bahwa : " Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan/disampaikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak-anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain” (Langeveld). 
 

Comments (8)

On 13 Desember 2014 pukul 08.46 , Thinker mengatakan...

Terima kasih untuk referensinya, bermanfaat untuk referensi blog ku
Jurusan Biologi
Pengertian dan definisi

 
On 27 Februari 2015 pukul 00.31 , Anonim mengatakan...

terimakasih pengertian pendidikannya... memang lagi nyari nih buat bahan tugas kuliah.. thanks

 
On 5 April 2015 pukul 08.26 , Unknown mengatakan...

thanks

 
On 28 Mei 2015 pukul 03.31 , Bai Ruindra mengatakan...

Mantap!
www.bairuindra.com

 
On 8 Oktober 2015 pukul 20.11 , Unknown mengatakan...

Nice..

 
On 4 Juli 2016 pukul 15.02 , magicteacher mengatakan...

menarik sekali lihat juga

Masyarakat Indonesia berpikir mereka semakin pandai, padahal mereka semakin bodoh

http://magicteacher-id.blogspot.in/2016/06/indonesia-negara-yang-pintar-namun-bodoh.html

Share untuk Indonesia yang lebih baik

 
On 26 November 2017 pukul 08.11 , Unknown mengatakan...

bang ada yang menurut ahli tapi tahun 2000 keatas nggak ...??

 
On 20 Maret 2019 pukul 04.32 , DCAja mengatakan...

bermanfaat dan sangat informatif...